Pasukan Asmaul Husna Polres Probolinggo Dinginkan Aksi Demo BEM dan HMI Probolinggo Raya

 


PROBOLINGGO,- Aksi unjuk rasa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Probolinggo Raya terjadi di depan Kantor Bupati Probolinggo, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,kemarin Kamis (14/4/2022). 


Aksi yang diikuti oleh ratusan mahasiswa BEM dan HMI se-Probolinggo Raya berlangsung lancar. Petugas dari anggota Polres Probolinggo, dibantu TNI dan Satpol PP pendaftaran dan mengawal aksi tersebut dengan humanis. 


Meski begitu, massa sempat melakukan pemblokadean jalan dan bakar ban. Namun aksi tersebut tidak berlangsung lama setelah Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi berbaur dan menemui para mahasiswa sehingga situasi kondusif. 


Untuk menjaga situasi tetap, Polres Probolinggo di pasukan Asmaul Husna yang berasal dari anggota Sat Samapta dan Polwan Polres Probolinggo. 


Saat situasi kondusif, sempat terjadi pelemparan batu dari massa hingga mengenai kepala satu kepolisian. Namun, tindakan yang diambil petugas yakni persuasif dan humanis sehingga aksi unjuk rasa dapat berjalan. 


"Kami disini mengawal kegiatan penyampaian aspirasi mahasiswa agar tetap simpatik dan tidak melanggar hak masyarakat umum lainnya. Jadi kami meminta kepada mahasiswa agar tidak mengganggu pengguna jalan atau kegiatan masyarakat lainnya," kata Kapolres Probolinggo di depan massa mahasiswa. 


Tuntutan mahasiswa dalam aksi-aksi tersebut diantaranya terkait, kenaikan harga BBM, penambahan presiden tiga periode, dan pemekaran tambak udang didaerah pesisir yang merusak ekosistem. 


Massa mahasiswa akhirnya membubarkan diri setelah PLT Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menemui mereka didepan kantor Bupati Probolinggo setelah terjadi kesepakatan dengan beberapa wakilaan mahasiswa yang masuk kedalam gedung kantor bupati. 


Lebih Lanjut, Kapolres Probolinggo memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang menyampaikan aspirasinya dengan menakutkan. Ia pun meminta kepada anggota Satlantas untuk mengawal kepulangan mahasiswa kerumahnya masing-masing. 


"Kami akan mengawal kepulangan adek-adek mahasiswa sehingga selamat sampai tujuan. Terima kasih atas unjuk rasa yang berjalan lancar hari ini," tutur Kapolres Probolinggo. 


Dikesempatan itu juga, Violeta, salah satu mahasiswi yang turut dalam aksi tersebut mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian karena telah menyaksikan manusia saat melakukan aksi unjuk rasa. 


"Terima kasih untuk Bapak Kapolres Probolinggo beserta anggotanya yang telah memberikan pengawalan dan pengamanan kepada kami saat menyampaikan aspirasi," ucap Violeta.

Lebih baru Lebih lama